Sejarah Asal Mula Media Sosial Yahoo! Koprol | ASAL USUL DAN SEJARAH

Sejarah Asal Mula Media Sosial Yahoo! Koprol

Sejarah Asal Mula Media Sosial / Jejaring Sosial  Yahoo! Koprol
Koprol, atau dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia yang di akuisisi oleh Yahoo pada tanggal 25 Mei 2010. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi.

Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Di Indonesia kota-kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Surakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, Medan, Banda Aceh, Palembang, Makassar, Balikpapan, Cirebon, Papua, serta manca negara seperti Singapore, Houston, Indianapolis.


Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager.

Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung.

Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya.


Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singkat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.

Kata Koprol yang dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile.
Namun sangat disayangkan Seperti dikutip dari blog Koprol(koprol blog.com), Yahoo memutuskan untuk menghentikan Koprol efektif pada tanggal 28 Agustus 2012. Menurut pihak Yahoo, keputusan alasan penutupan Koprol ini dilakukan setelah pihak yahoo mengkaji portofolio produk secara seksama.

Dari kajian tersebut, Koprol dianggap termasuk dalam produk yang tidak memberikan revenueatau engagement yang berarti bagi Yahoo, dalam kata lain koprol dianggap sebagi produk yang tidak cukup banyak menghasilkan keuntungan,setelah dilakukannya pengumuman tersebut pengguna koprol dihimbau untuk mengekspor profil, posting, review, check-in, dan gambar asli yang pernah di-upload dengan mengunjungi menu ‘Export Data’ di m.koprol.com/export.dan proses pengambilan data harus dilakukan sebelum tanggal 28 Agustus 2012.

Bukan kali ini saja sebenarnya yahoo telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 2000 karyawannya awal maret lalu, jumlah ini sudah termasuk karyawan Yahoo Indonesia yang tergabung dalam tim Koprol. Saat itu, Yahoo belum memberi kejelasan nasib Koprol setelah tim pendukungnya dibubarkan. Bahkan, pendiri Koprol, Satya Witoelar saat diwawancarai pada April 2012 menyatakan tak tahu masa depan dari Koprol.
http://www.koreanagassi.com/

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Tinggalkan komentar Anda, Kritik dan Saran sangat diterima disini. No SPAM..!! OK sob.. Terimakasih Selamat Membaca.