Sejarah Pembuatan Menara Eiffel | ASAL USUL DAN SEJARAH

Sejarah Pembuatan Menara Eiffel

Sejarah Berdirinya Bangunan Menara Eiffel Prancis - Kisah Tragis dan Fakta Menarik dibalik Menara Eiffel Paris Perancis
Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel) merupakan sebuah menara besi yang di bangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Sejarah Pembuatan Menara Eiffel

Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Baecelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, dan dalam hal ini hanya satu yang meninggal.

Sejarah Pembuatan Menara Eiffel

Kisah Tragis di Balik Romantisme Menara Eiffel

PARIS - Menara Eiffel tidak hanya menyimpan kisah romantis dalam hari-harinya menghiasi Kota Paris. Ikon Ibu Kota Prancis ini ternyata juga menyimpan kisah tragis.

Satuan Keamanan Paris beberapa hari lalu menjaga ketat Menara Eiffel setelah seorang turis naik ke puncak menara kemudian melompat hingga tewas. Korban berusia 25 tahun dan diduga bunuh diri.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata korban adalah turis asal Israel, yang terlihat di area Menara Eiffel sejak Minggu malam. Polisi mengevakuasi dan menutup Menara Eiffel setelah melihatnya naik ke menara setinggi 1.603 kaki tersebut pada pukul 23.30 waktu setempat.

Pria tersebut mengabaikan peringatan polisi dan terus memanjat hingga ke puncak menara. Dia tetap berada di sana hingga Senin pagi, dimana polisi dan jajaran pemadam kebakaran turut membujuknya turun. Akhirnya, pria tersebut loncat dari puncak Menara Eiffel, jatuh di lantai kedua menara tersebut, lalu tewas seketika.

Manajemen Menara Eiffel mengakui ini bukan kali pertama Menara Eiffel dijadikan lokasi bunuh diri. Mereka mengatakan sudah memerketat pengamanan dan menambah jaring pengaman untuk mencegah hal ini terjadi. Demikian seperti dilansir Dailymail, Rabu (27/6/2012).

Menurut catatan, saat ini sudah ada 341 kasus bunuh diri di Menara Eiffel. Kasus kematian pertama terjadi pada 1911, saat seorang penjahit, Frantz Reichelt, tewas ketika mencoba jubah yang dia yakini bisa membuatnya terbang.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monomen kemenangan pertempuran.

Sejarah Pembuatan Menara Eiffel
Bangunan yang tertinggi di Perancis dan menjadi simbol kepada negara itu, "Menara Eiffel" atau lebih diberi jolokan "Menara besi" kerana hampir keseluruhannya bahan binaannya adalah daripada besi. Dibina oleh jurutera hebat yang bernama "Gustave Eiffel", Menara Eiffel mendapat namanya dari pembuatnya bagi mengenang jasa beliau. Keunikan monumen ini telah memukau mata dunia dan telah mengamit ramai pelawat hingga dikatakan Menara yang sering dikunjungi di dunia iaitu sebanyak 6,428,441 pelawat dan lebih 200 juta sejak ia siap dibina.

Dibuka dengan rasminya pada 31 Mac 1889, Menara Eiffel yang memiliki ketinggian 300 meter (1,063 kaki) dan diatasnya terdapat 'Antena Televisyen' setinggi 24 m ini mengambil masa 2 tahun untuk disiapkan. Selain digunakan untuk perlancongan Menara Eiffel juga dijadikan Menara Pemerhati. Memiliki 3 lif iaitu di aras bawah, tengah dan atas.

FAKTA MENARIK "MENARA EIFFEL"
  • Lif memang diperlukan untuk bangunan setinggi ini untuk mengangkut pelawat ke atas dan ke bawah. Tahukah anda semua lif Menara Eiffel ini jika dihitung jumlah kegunaan tahunannya adalah bersamaan dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia atau lebih daripada 103,000 km.
  • Menara ini bergoyang sedikit apabila hari berangin.Tetapi pada tahun 1999, kejadian ribut telah menyebabkan ia bergerak 13 sm dari kedudukan asalnya. Malah matahari juga boleh menyebabkan menara ini condong sehingga 18 sm.
  • Menara besi ini juga diperlukan belaian. Ia dicat semula setiap 7 tahun, tetapi bukanlah sebarang cat yang digunakan. Selepas menjalani sesi perbincangan yang serius, warna tembaga dengan variasi 3 tona telah dipilih kerana kombinasi 3 warna yang berbeza ini dianggap berpadanan dengan warna lagit Paris.
  • Sewaktu pembukaan rasmi Menara Eiffel, juruteranya "Gustave Eiffel" mendaki semua 1,710 anak tangga ke puncak menara untuk memacakkan sendiri bendera Perancis. 
Artikel : Sejarah Pembuatan Menara Eiffel
Sumber : wikipedia
http://www.koreanagassi.com/

Tinggalkan Komentar Anda Disini

1 komentar:

Tinggalkan komentar Anda, Kritik dan Saran sangat diterima disini. No SPAM..!! OK sob.. Terimakasih Selamat Membaca.